Sabtu, 16 Februari 2019

Formula Tangani Degradasi Penurunan Moral Anak Bangsa


Degradasi Moral Anak Bangsa
Degradasi dapat diartikan sebagai penurunan suatu kualitas. Degradasi moral remaja dapat diartikan bahwa moral remaja pada saat ini terus menerus mengalami penurunan kualitas atau degradasi dan tampak semakin tidak terkendali. Penurunan kualitas moral terjadi dalam segala aspek mulai dari tutur kata, cara berpakaian hingga perilaku. Degradasi moral remaja merupakan salah satu masalah  sosial yang perlu mendapat perhatian baik dari orang tua secara khusus serta masyarakat atau pemerintah pada umumnya.
Faktor Modernisasi dan globalisasi sangat berpengaruh pada degradasi moral remaja pada saat ini. Globalisasi menuntut kesiapan mental dari masyarakat. Ketidak siapan mental menimbulkan kelengahan akan bahaya globalisasi yang timbul . Bahaya tersebut secara tidak sadar bukan dihindari tetapi diikuti oleh para remaja dimasyarakat kita. Kurangnya perhatian pemerintah akan bahaya bahaya yang mengintai para remajapun ikut berperan, sehingga yang ada saat ini adalah sebagian dari remaja Indonesia mengalami degradasi moral yang akan berdampak pada kelanjutan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan tulang punggung negara yang seperti ini, maka bagaimana Negara kita di masa yang akan datang.  
Perilaku perilaku tidak terpuji yang terjadi pada anak anak sekarang saat ini seperti:
1.           Anak semakin lupa terhadap apa yang menjadi kewajibannya sebagai penerus bangsa yaitu; kewajiban seorang murid untuk belajar, anak patuh kepada guru terlebih lagi kepada kedua orang tua, lebih senang mendengarkan music daripada mendengarkan nasihat orang tua, lebih senang menonton sinetron dibandingkan membaca buku pengetahuan
2.            Lebih mendahulukan bersenang-senang tanpa mempertimbang apa yang akan terjadi setelah apa yang mereka lakukan, hanya karena mengikuti tren atau karena takut dikatakan ketinggalan jaman. Contoh perilaku seperti ini adalah kita lihat sekarang ini anak SD sudah mempunyai HP, dan kalau kita lihat lagu didalam hp tersebut bukannya lagu anak-anak tetapi malah lagu cinta, sehingga anak otak si anak menerima hal hal yang seharusnya belum pantas dia terima.
Untuk itu Sekolah Islam Ar Rahman adalah salah satu formula yang tepat untuk mengurangi degradasi moral anak bangsa. Dalam proses pendidikan disini akan dididik guru-guru yang ahli dan berkompeten dibidangnya. Segala prilaku anak akan dipantau baik di sekolah maupun di rumah. Mengajarkan anak untuk bisa hidup sesuai dengan ajaran Islam berpegang teguh pada Al Qur’an dan Hadis. Dari sini diharapkan akan jadi bekal dan pondasi yang kuat ketika anak dewasa kelak. Semoga AR RAHMAN Selalu lebih baik dan bermanfaat untuk bangsa tercinta INDONESIA
by : Bu ULFA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar