Sabtu, 16 Februari 2019

DARI MANA YA MIE AYAM BERASAL?????????????????????????




 MIE AYAM SYAFFIRA
SAMBIJAJAR DRENGES KERTOSONO
WA. 0823-2972-7898

MIE AYAM adalah salah satu hidangan yang sering di temukan di Indonesia, yang juga dikenal sebagai bakmi ayam. Tapi tahukah kalian bahwa menurut catatan sejarah, mie pertama kali dibuat di daratan China sekitar 2000 tahun yang lalu pada masa pemerintahan Dinasti Han, mie berkembang dan menyebar ke Jepang, Korea, Taiwan dan negara-negara di Asia Tenggara bahkan meluas sampai ke benua Eropa. Di benua Eropa, mie mulai dikenal setelah Marco Polo berkunjung ke China dan membawa oleh-oleh mie. Namun, pada perkembangannya di Eropa mie berubah menjadi pasta seperti yang kita kenal saat ini.
Walaupun mie ayam pertama kali di buat di China, tapi sesungguhnya seni menggiling gandum telah lebih dahulu berkembang di Timur Tengah, seperti di Mesir dan Persia. Logikanya, mie juga mula-mula berkembang di sana dan diajarkan sebagai sebagai lembaran-lembaran tipis menyerupai mie. Pada awalnya mie diproduksi secara manual, baru pada tahuan 700-an sejarah mencatat terciptanya mesin pembuat mie berukuran kecil dengan menggunakan alat mekanik. Evolusi pembuatan mie berkembang secara besar-besaran setelah Masaki pada tahun 1854 berhasil membuat mesin pembuat mie mekanik yang dapat memproduksi mie secara massal. Sejak saat itu, mie mengalami banyak perkembangan, seperti di China mulai diproduksi mie instant yang dikenal dengan nama Chicken Ramen dan di Jepang muncul Saparo Ramen (1962).
Meskipun sejarah berkata demikian, tapi nyatanya kini mie ayam seakan sudah menjadi makanan tradisional Indonesia, Makanan ini sudah tersebar di seluruh Indonesia, terutama di daerah Jawa, makanan ini sangat mudah di temukan, hampir di setiap warung makan menyediakan hidangan lezat ini, dan hampir di seluruh daerah Indonesia dapat kita temukan makanan ini, bahkan di tempat tinggalku, di Sanggau (kalimanta) juga mudah sekali menemukan penjual mie ayam. Makanan ini cenderung disediakan sebagai hidangan utama. Mie ayam terbuat dari mie gandum kuning (bakmi dalam bahasa Indonesia)yang sudah di rebus, dan diatas atasnya ditaburi dengan daging ayam potong dadu (ayam), dibumbui dengan kecap, dan biasanya disajikan dengan sup kaldu ayam. hampir semua masyarakat Indonesia mengenal makanan ini, mie ayam juga biasanya dihidangkan dengan bakso, pangsit, dan banyak yang lainnya. Ada yang kuah dan ada juga yang kering. Selain murah, mie ayam ini juga rasanya cukup enak, sehingga banyak disukai oleh masyarakat.

MIE AYAM SYAFFIRA
SAMBIJAJAR DRENGES KERTOSONO
WA. 0823-2972-7898

Tidak ada komentar:

Posting Komentar