Senin, 05 Februari 2018

nama surga dan penjelasanya



SURGA FIRDAUS
Firdaus adalah nama surga tertinggi dan mulia di alam kubur.
Firdaus, disediakan bagi orang-orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu, menjauhkan diri dari perbuatan maksiat, tidak membuat kemungkaran serta menjalankan segala yang diperintahkan-Nya. Allah menjadikan penghuni Surga ini sebagai kekasih-Nya.
Di dalam Surga Firdaus terdapat empat sungai, yaitu sungai:
§  Sungai air tawar,
§  Sungai susu,
§  Sungai arak,
§  Sungai madu.
Di dalamnya diperolehi berbagai macam buah-buahan. Ada lagi empat mata air yaitu: SalsabilZanjabilRohiiq dan Tasniim. Ada lagi dua mata air yang mengalir dan dua mata air yang memancar, yaitu Al-kaafuur dan Al-kautsar.
Di dalamnya juga disediakan segala sesuatu yang tidak pernah dilihat, tidak pernah didengar, tidak pernah terlintas dalam hati manusia.
SIFAT-SIFAT PENGHUNI SURGA FIRDAUS
Allah menjelaskan sifat-sifat orang yang akan menghuni surga Firdaus-Nya dengan beberapa ayat dalam surat ini.
1.  Orang yang khusyu' dalam sholatnya
2.  Orang-orang yang menjauhkan dirinya dari hal-hal yang tidak berguna
3. Orang-orang yang menunaikan zakat
4.  Orang-orang yang senantiasa menjaga kemaluannya.
5.   Orang-orang yang menjaga amanat dan janjinya
6.  Orang-orang yang menjaga sholatnya
Allah memulai memberikan ciri-ciri hamba-Nya yang akan mewarisi surga-Nya dengan sholat kemudian ditutup juga dengan sholat. Hal ini mengindikasikan bahwa sholat adalah ibadah yang sangat penting.
Ciri yang terakhir ini adalah kelanjutan dari ciri yang pertama. Yang itu berarti bahwa orang yang telah khusyu' dalam sholatnya dia dituntut untuk menepati waktunya.
Sholat adalah ibadah yang telah ditetapkan waktunya, maka janganlah sekali-kali kita mengundur-undur waktu yang telah ditetapkan itu. Allah berfirman: "Sesungguhnya sholat telah ditentukan waktu-waktunya atas orang-orang yang beriman ".
Allah mengancam hamba-hamba-Nya yang enggan mengerjakan sholat dengan firman-Nya: "Maka celakalah bagi orang-orang yang meninggalkan sholat. orang yang lalai dari sholatnya. Dan solat tetapi ingin dilihat oleh orang lain”.








Surga Ma’wa
Diperuntukan bagi orang-orang yang takut akan kebesaran Allah SWT dan dapat mengendalikan hawa nafsunya. Sebagaimana Allah berfirman:
An-Nazi'at 40-41
Artinya: “Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya)“. (QS. An-Nazi’at: 40-41)
Surat As Sajdah, ayat 19 Allah swt. menegaskan:
   "Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh. Maka bagi mereka mendapat surga-surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka kerjakan".
Firman-Nya lagi didalam surat An Naziat, ayat 41 :
   "Maka sesungguhnya surga ma'walah tempat tinggal (nya)".
Surga Ma’wa diciptakan oleh Allah SWT dari zamrud hijau.
Calon penghuninya, ialah:
a. orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT (QS. 53/An- Najm: 15)
    Orang-orang menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah
b. orang-orang yang benar-benar beriman dan berawal saleh. (QS 32/As-Sajdah: 19)
   Orang- orang yang menyadari akan adanya Allah dan selalu berbuat atau bertingkah laku yang  bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain, serta berbuat yang tidak merugikan orang lain.
c. orang-orang yang takut kepada kebesaran Allah SWT dan menahan diri dari hawa nafsu yang buruk. (QS. 79/An- Nazi’at: 40-41)
Orang-orang yang meninggalkan larangan Allah












Surga Darussalam
Yakni Surga yang diperuntukkan bagi orang-orang yang kuat iman dan Islamnya, memperhatikan ayat-ayat Allah serta beramal shaleh. Sebagaimana Allah firman Allah:
Al-an'am 127
Artinya: “Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan“. (QS. Al-An’am: 127)
Surga Darussalam diciptakan oleh Allah SWT dari yakut merah. Surga darussalam berada pada kedudukan ke-5 dan adapun calon penghuninya sebagaimana yang diterangkan dalam Surat Al-An’am ayat 127, ialah:
فَمَن يُرِدِ ٱللَّهُ أَن يَهْدِيَهُۥ يَشْرَحْ صَدْرَهُۥ لِلْإِسْلَٰمِ ۖ وَمَن يُرِدْ أَن يُضِلَّهُۥ يَجْعَلْ صَدْرَهُۥ ضَيِّقًا حَرَجًۭا كَأَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِى ٱلسَّمَآءِ ۚ كَذَٰلِكَ يَجْعَلُ ٱللَّهُ ٱلرِّجْسَ عَلَى ٱلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ وَهَٰذَا صِرَٰطُ رَبِّكَ مُسْتَقِيمًۭا ۗ قَدْ فَصَّلْنَا ٱلْءَايَٰتِ لِقَوْمٍۢ يَذَّكَّرُونَ لَهُمْ دَارُ ٱلسَّلَٰمِ عِندَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُم بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Barang siapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barang siapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. Dan inilah jalan Tuhanmu; (jalan) yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami) kepada orang-orang yang mengambil pelajaran. Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan. (Qs. Al-an’aam ayat 25-27)

Berdasarkan ayat di atas maka dapat kita simpulkan bahwa penghuni surga Darussalam adalah:
a.         Orang-orang yang kuat iman dan islamnya atau orang-orang yang menjalankan ajaran-ajaran agama islam
b.      Orang-orang yang memperhatikan ayat-ayat Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari karena Al¬lah SWT
       Orang-orang yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya





    
  Surga Khuldi diciptakan oleh Allah SWT dari marjan merah dan kuning. Calon penghuninya, ialah orang-orang     yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala     larangan-Nya.

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ ٱلْخُلْدِ ٱلَّتِى وُعِدَ ٱلْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَآءًۭ وَمَصِيرًۭا
Katakanlah: "Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?" Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?"(Qs. Al-Furqan ayat 15)
Taqwa ,yaitu memelihara diri dari siksaan Allah dengan mengikuti segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya; tidak cukup diartikan dengan takut saja. Adapun arti lain dari taqwa adalah:
1. Melaksanakan segala perintah Allah
2. Menjauhkan diri dari segala yang dilarang Allah (haram)
3. Ridho (menerima dan ikhlas) dengan hukum-hukum dan ketentuan Allah
orang yang bertakwa itu ialah : 
  • Orang yang selalu berhati-hati dalam ucapan dan perbuatannya agar tidak mendapatkan suatu murka dan siksa Allah juga meninggalkan dorongan hawa nafsu.
  • Orang yang selalu mengharapkan suatu rahmat dari Allah dengan jalan meyakini dan juga melaksanakan semua ajaran yang telah diturunkan Allah. 
10 ciri-ciri orang taqwa pada Allah:
1. Bersegera memohon ampunan Allah bila berbuat dosa dan mudah meminta maaf kepada sesama manusia (Tidak gengsi)
2. Mau berinfaq/sedekah dalam keadaan lapang maupun sempit (Tidak pelit)
3. Bisa menahan amarah (Tidak ngambekan/emosian)
4. Mudah memaafkan kesalahan orang lain (Tidak pendendam)
5. Senantiasa melakukan kebaikan atau berbuat baik (Tidak jahat)
7. Bersabar dalam menerima cobaan
8. Tidak sombong dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi
9. Selalu ingat kepada Allah (dzikrullah) dengan menggunakan akal
10. Selalu berhati-hati dalam setiap tindakan karena takut terhadap azab Allah




Surga Na’im

Yakni Surga yang penuh dengan kenikmatan dan diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh. Allah berfirman:
Luqman ayat 8
Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan“. (QS. Luqman: 8)
     Surga Na’im yang diciptakan oleh Allah SWT dari perak putih. Adapaun Calon penghuninya, ialah:

a.       Orang-orang yang beriman dan beramal saleh
firman Allah SWT.:
إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ لَهُمْ جَنَّٰتُ ٱلنَّعِيمِ
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan, (Qs. Luqman ayat 8)

Dan firman Allah SWT.:
ٱلْمُلْكُ يَوْمَئِذٍۢ لِّلَّهِ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ ۚ فَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فِى جَنَّٰتِ ٱلنَّعِيمِ
Kekuasaan di hari itu ada pada Allah, Dia memberi keputusan di antara mereka. Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh adalah di dalam surga yang penuh kenikmatan.(Qs. Al-Hajj ayat 56)

b.      Orang-orang yang bertaqwa
 Firman Allah SWT.:
إِنَّ لِلْمُتَّقِينَ عِندَ رَبِّهِمْ جَنَّٰتِ ٱلنَّعِيمِ
Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.(Qs. Al-Qalam ayat 34)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar