Minggu, 20 Januari 2013

globalisasi


By : Mariatul Ulfa
Facebook: ulfa miu
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
 ( HAND OUT )


A.  Pengertian Globalisasi

Globalisasi merupakan proses bersatunya kegiatan bangsa-bangsa di dunia dalam sistem yang mendunia. Proses mendunia tersebut didukung oleh kemajuan tegnologi informasi, komunikasi dan trasportasi. Globalisasi ditandai dengan munculnya perusahaan asing yang beroperasi di dalam negeri. Perusahaan tersebut dikenal dengan perusahaan multinasional. Berkembangnya globalisasi sampai saat ini sangat di dukung oleh kemajuan dan perkembangan teknologi dan informasi. Internet, televise, telepon, dan sarana transportasi mempermudah globalisasi. Berikut tanda-tanda globalisasi di Negara kita:
1.     Batas antar Negara semakin menipis
Perkembangan teknologi dan komunikasi menjadi penyebab hilangnya batas-batas Negara. Sekarang orang dengan mudah dapat menghubungi kerabat atau temanya yang berada di Negara lain dengan menggunakan telepon.
2.     Informasi mudah menyebar
Proses mendunia memungkinkan penyebaran informasi menjadi lebih mudah dan cepat. Berbagai peristiwa sekecil apa pun sekarang dapat diterima di semua tempat dan semua orang.
3.     Kegiatan perdagangan semakin luas
Kegiatan perdagangan terus berkembang akibat pengaruh globalisasi di bidang ekonomi. Kegiatan ekonomi dan perdagangan di dunia menjadi semakin terbuka melintas batas-batas wilayah sebuah Negara.

B.   Dampak positif globalisasi

1.     Masyarakat semakin maju
Dengan adanya globalisasi, perkembangan tegnologi disuatu tempat denagn mudah segera ditiru ditempat lain. Penemuan dan perkembangan tegnologi menyebabkan kemajuan pada kehidupan masyarakat.

2.     Semangat kerja meningkat
Salah satu akibat dari globalisasi adalah persaingan yang semakin cepat. Kita harus berjuang untuk sejajar dengan Negara maju. Kita harus berjuang agar masyarakat tetap bertahan pada era globalisasi. Persaingan tersebut harus kamu hadapi dengan semangat untuk bekerja.
3.     Ruang sosial semakin terbuka
Berkat kemajuan teknologi manusia dapat berkomunikasi dengan mudah. Dengan fasilitas-fasilitas yang ada kamu dapat membuka luas pergaulanmu diseluruh penjuru dunia.
4.     Pertukaran budaya
Globalisasi menyebabkan budaya asing masuk dalam suatu Negara dengan mudah. Contohnya music rock,dulu di Negara Indonesia tidak ada,sekarang banyak di jumpai dan dapat dinikmati di televise.
5.     Pasar semakin luas
Globalisasi ekonomi menyebabkan hasil produksi dalam negri dapat dijual di luar negri,setiap Negara memperoleh pasar yang jauh lebih luas. Akan tetapi,ada syaratnya,yaitu produk tersebut harus mempunyai daya saing yang tinggi

C.   Dampak negative globalisasi

Globalisasi memang sudah dan akan terus terjadi. Akan tetapi, tidak semua orang setuju dengan globalisasi. Mereka yang setuju umumnya menganggap globalisasi sebai bentuk ketidak adilan, apa dampak negative globalisasi? Berikut adalah dampak negative globalisasi:
1.     Membanjirnya produk luar negri
Dalam globalisasi akan di hadapkan pada berbagai produk luar negri . mulai dari berbagai barang elektronik,mobil dan motor adalah produk milik perusahaan diluan negri.
2.     Ketergantungan terhadap Negara maju
Negara berkembang termasuk Indonesia biasanya belum siap menghadapi globalisasi. Sarana dan prasarana ekonomi di Negara berkembang masih kurang. Oleh karena itu,Negara berkembang akan berlomba-lomba mencari pinjaman modal pada Negara maju.
3.     Lapangan kerja semakin sempit
Globalisasi menyebabkan banyak tenaga kerja asing masuk dengan mudah kedalam negri. Hal tersebut jelas mengurangi kesempatan kerja bagi tenaga kerja dalam negri karena persaingan kerja semakin meningkat.
4.     Kerusakan lingkungan
Tuntutan kemajuan mengharuskan Negara-negara melakukan berbagai cara. Salah satunya dengan usaha mengeksploitasi sumber daya tanpa perlu mempertimbangakan kerusakan lingkunganyang ditimbulkannaya. Akibatnya,polusi udara semakin merajalela
5.     Nilai-nilai sosial semakin hilang
Masuknya budaya barat menyebabakan nila-nilai sosial semakin memudar. Masyarakat semakin mementingkan dirinya sendiri. Nilai kebersamaan dalam gotong-royong dan musyawarah sudah mulai hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar