Jumat, 21 Juni 2013

BAB I





 



BAB I
A.    Latar belakang masalah
Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan antara komponen yang satu dengan komponen yang lainya, dalam hal ini media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting maka penggunaanya harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar merupkan salah satu upaya mengatasi ketidak mampuan siswa dalam menangkap materi yang diajarkan, sehingga siswa secara aktif dapat mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan ranah yang benar. Pernyataan tersebut sesuai dengan arti dari pendidikan menurut Undang-Undang Sisdiknas No. 20/2003 Bab I pasal 1 (1) yang berbunyi “ Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana dalam mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran  agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi pada dirinya.
Media merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan ( Criticos, 1996 dalam sntyasa, 2007 ). Jika proses pembelajaran diartikan sebagai proses komunikasi, maka media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat merangsangf minat, pikiran serta perasaan dan digunakan untuk menyalurkan pesan ( bahan pembelajaran ) sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. ( Santyasa, 2007 )
Berdasarkan pendapat tersebut, penggunaan media sangat penting. Untuk lebih menarik lagi, media tersebut akan disajikan dengan cara yang berbeda yaitu dengan permainan tradisional. Permainan tradisional adalah salah satu bentuk folklore yang berupa, yang beredar secara kolektif dikalangan masyarakat tertentu, berbentuk tradisional dan diwarisi turun temurun, serta banyak memilki vareasi.
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas, maka penulis dapat menguraikan identifikasi masalah sebagai berikut:
Media pembelajaran sebagai alat bantu yang disajikan dalam bentuk berbeda seperti dalam permainan tradisional dapat mengefektifkan komunikasi dan interaksi belajar mengajar di sekolah dan dapat menunjang proses belajar lebih optimal. Dengan adanya proses belajar mengajar yang optimal dapat dicapai suatu hasil serta tujuan belajar yang lebih baik, maka penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa.
Dari uraian diatas muncul suatu masalah pokok yang harus dikaji lebih lanjud yaitu Adakah “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL NILAI PKN POKOK BAHASAN MENUNJUKKAN CONTOH-CONTOH PERILAKU DALAM MENJAGA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA SISWA SDN SEMEN KELAS V KEC. PAGU KABUPATEN KEDIRI”.
C.    Batasan Masalah
Agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam memberikan penafsiran terhadap permasalahan, maka perlu adanya pembatasan masalah. Mengingat media pembelajaran sama pentingnya dengan kegiatan pembelajaran, maka media pembelajaran yang disajikan dalam bentuk yang berbeda dan lebih menarik dapat membantu terwujudnya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Untuk itu dalam pembahasan ini penulis membatasi pembahasannya yaitu, “ untuk mencari PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL NILAI PKN POKOK BAHASAN MENUNJUKKAN CONTOH-CONTOH PERILAKU DALAM MENJAGA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA SISWA SDN SEMEN KELAS V KEC. PAGU KABUPATEN KEDIRI.”
D.    Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam pembahasan ini sangat penting karena akan menentukan langkah-langkah selanjudnya. Bertitik tolak dari latar belakang serta batasan masalah yang telah diuraikan, maka dalam pembahasan ini masalah yang akan dirumuskan adalah sebagai berikut: “ Adakah PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL NILAI PKN POKOK BAHASAN MENUNJUKKAN CONTOH-CONTOH PERILAKU DALAM MENJAGA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA SISWA SDN SEMEN KELAS V KEC. PAGU KABUPATEN KEDIRI.”
E.     Tujuan Penelitian
Didalam suatu penenlitian, maka seorang penelitian tidak lepas dari tujuan, yaitu tujuan tentang apa yang harus diteliti. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini yaitu: “ untuk mendapatkan kejelasan dan pemahaman mengenai PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL NILAI PKN POKOK BAHASAN MENUNJUKKAN CONTOH-CONTOH PERILAKU DALAM MENJAGA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA SISWA SDN SEMEN KELAS V KEC. PAGU KABUPATEN KEDIRI.”
F.     Kegunaan Penelitian
Dengan tersajinya karya ini yang berjudul PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL NILAI PKN POKOK BAHASAN MENUNJUKKAN CONTOH-CONTOH PERILAKU DALAM MENJAGA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA SISWA SDN SEMEN KELAS V KEC. PAGU KABUPATEN KEDIRI, maka penelitian ini diharapkan manfaat baik secara umum dan khusus.
a.       Secara Umum
1.      Bagi pemerintah
Dapat memberikan wawasan mengenai arti penting media pembelajaran berbasis permainan tradisional terhadap peningkatan hasil belajar siswa sehingga menjadi sumber inspirasi didalam menggalakkan proses belajar mengajar yang baik dalam lembaga pendidikan untuk menuju cita-cita bangsa.
2.      Bagi Sekolah
Dapat memberikan gambaran akan arti pentingnya sarana dan prasarana pendidikan serta media pembelajaran sehingga dapat dikembangkan situasi belajar yang lebih baik.
3.      Bagi Guru
Dapat menjadi masukan dan wawasan akan arti pentingnya penggunaan media pembelajaran serta ketrampilan proses mengajar bagi guru (pendidik) dalam mewudkan suatu komunikasi belajar mengajar yang baik dan tercapainya hasil belajar yang diharapkan serta berkualitas.
b.      Secara Khusus
1.      Bagi Peneliti
Dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan media pembelajaran berbasis permainan tradisional.
2.      Bagi Siswa
Dapat menimbulkan gairah atau semangat belajar, meningkatkan interaksi secara langsung antara siswa dengan lingkungannya dan meningkatkan prestasi belajarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar