Rabu, 05 Desember 2012

MATERI BAHASA INDONESIA DENAH


                                               MATERI BAHASA INDONESIA
                                                               DENAH
Mengenal Denah
Apakah kamu pernah melihat denah ? Denah ada dimana-mana. Di sekolah, denah digunakan untuk menunjukkan lokasi kelas. Di kartu undangan pernikahan, denah digunakan untuk menunjukkan lokasi tempat pernikahan.
Lalu, apakah denah itu ?
Denah adalah gambar yang menunjukkan letak sesuatu.
Sesuatu itu bisa berupa benda, rumah, lokasi tertentu, dan lain-lain. Dengan menggunakan denah, orang akan mudah mencari suatu tempat.

Untuk memudahkan dalam membuat dan membaca denah, kita perlu menambahkan mata angin pada denah. Apakah mata angin itu ? Mata angin merupakan panduan yang lazim digunakan untuk menentukan arah. Ada delapan penjuru arah mata angin.
Mata angin berguna untuk menunjukkan arah suatu tempat sehingga kita bisa cepat mencapainya. Mata angin juga memudahkan kita untuk menunjuk arah. Orang lain akan mudah mengerti bila kita menyebut arah tersebut.
Jika kita menyebut arah timur, orang akan menuju kea rah matahari terbit. Jika kita menyebut arah barat, orang akan berjalan menuju arah matahari terbenam.
Untuk mengetahui arah mata angin, kita bisa menggunakan kompas. Kompas alat penunjuk arah yang selalu menunjuk arah utara.







Denah Rumah
Setelah kalian mengetahui mata angin, dan kalian mengenal rumah kalian menghadap kemana. Coba kalian perhatikan denah ini.
 











   Halaman


Bila kalian mengamati denah rumah tersebut dapat dijelaskan rumah itu menghadap ke jalan. Rumah itu terdiri dari ruang tamu, ruang makan, tiga kamar tidur, dapur, sumur, kamar mandi, dan WC. Garis titik-titik itu merupakan batas pekarangan milik orang lain.
Dalam setiap denah harus ada petunjuk arahnya, Jadi bila kalian membuat denah rumahmu, kalian harus menunjukkan arah utara keatas, pada daerahmu itu. Dengan petunjuk itu maka kalian akan dapat menentukan arah-arah yang lain.

Denah Sekolah
Seseorang yang akan membangunan rumah, kantor, sekolah atau bangunan yang lainnya membuat denah terlebih dulu. Karena denah dapat menjelaskan pengaturan dan letak ruang kantor. Begitu juga denah sekolah, akan menjelaskan pengaturan dan letak ruang-ruang di sekolah tersebut.
Denah tidak saja mengatur ruang, tetapi juga untuk mengatur bangunan atau tempat-tempat yang lain. Seperti lokasi dibangunnya taman, dimana tempat yang perlu diberi penghijauan dan dimana lahan yang akan digunakan untuk kebun.
Bagaimana cara membuat denah ?
Membuat denah sekolah tidak sulit. Ikutilah langkah-langkah dibawah ini.
1.      Gunakan sinar matahari untuk menentukan arah timur. Setelah itu, tentukan arah utara. Buatlah garis mata angin. Lalu duduklah menghadap kea rah utara.
2.      Dimanakah posisi sekolahmu ? Buatlah gambar sekolahmu sesuai dengan posisi arah mata angin.
3.      Buatlah jalan yang ada didekat sekolahmu.
4.      Tentukan bangunan-bangunan yang ada disekitar sekolahmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar