Jumat, 16 November 2012

ANALISIS KORELASI TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN PENDIDIKAN IPS


ANALISIS KORELASI TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN PENDIDIKAN IPS

A.    Pengertian pendidikan
a.       Pendidikan:
Tuntunan, pimpinan, bimbingan yang dilakukan secara sadar (sengaja) oleh seseorang atau sekelompok orang kepada seseorang atau sekelompok orang.
b.      Pendidikan menurut UU RI No. 20 Tahun 2003:
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
c.       Pendidikan menurut TAP MPR NO.V/MPR/1973:
Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan didalam dan diluar sekolah dan berlangsung seumur hidup.

B.     Pengertian pendidikan IPS
a.       JAMES A BANKS (1990:3):
Bagian dari kurikulum sekolah dasar dan menengah yang mempunyai tanggung jawab pokok membantu para siswa untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai yang diperlukan dalam hidup bernegara dilingkungan bermasyarakatnya.
b.      COMMITE ON SOCIAL STUDIES 1913:
Bidang khusus dalam pemanfaatan data ilmu sosial sebagai tenaga dalam memperbaiki kesejahteraan umatmanusia.
c.       Pengertian IPS:
·         Mata pelajaran yang mempelajari kehidupan social yang didasarkan pada bahan kajian geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, tata Negara dan sejarah, yang disajikan sistematis dan psikologis.
·         Perpaduan antara konsep-konsep ilmu social dengan konsep-konsep pendidikan yang dikaji secara sistematis, psikologis dan fungsional sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik.
C.     Korelasi tujuan ilmu IPS dengan pendidikan nasional
Ilmu yang disajikan dalam pendidikan IPS merupakan perpaduan antara ilmu-ilmu sosial dengan ilmu pendidikan. Ilmu yang dikembangkan dalam pendidikan IPS merupakan hasil seleksi, adaptasi dan modifikasi dari hubungan interdisipliner antara disiplin ilmu pendidikan dan disiplin ilmu-ilmu social yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan. Oleh karena itu pendidikan IPS harus mengacu pada tujuan pendidikan nasional. Dengan demikian tujuan pendidikan IPS adalah mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menguasai disiplin ilmu-ilmu sosial, psikologis, ideologis Negara dan agam yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar