PROPOSAL SEMINAR
HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU
SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N XXX
HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU
SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP N XXX
Oleh
:
XXXXXX
NPM.
XXXXXX
PROGRAM
STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NUSANTARA PGRI KEDIRI
2010
/ 2011
BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Melatarbelakangi permasalahan
yang ada pada judul proposal atau variabel.
B.
IDENTIFIKASI MASALAH
Mengidentifikasi permasalahan
yang ada dalam bentuk pernyataan. Dapat dalam bentuk poin poin atau
1…,2……,3……., ataupun berupa kalimat.
Contoh :
Setelah melakukan hubungan dengan
faktor lingkungan akan menghasilkan akibat-akibat atau perubahan terhadap
perilaku.
C.
BATASAN MASALAH
Batasan masalah membatasi
daripada suatu permasalahan dan juga melihat dari judul proposal atau variabel.
Contoh :
1. Tentang Konsep Diri
2. Tentang Perilaku Sosial
3. Di ..........
D.
RUMUSAN MASALAH
Merumuskan daripada masalah yang
anda angkat . Misalkan :
“Ada
hubungan …………………”.
“Ada Pengaruh …………………..”.
E.
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan Penelitian untuk mengetahui
adanya hubungan atau tidak, pengaruh atau tidak, signifikan atau tidak dilihat dari
variabel yang ada.
F.
MANFAAT PENELITAN
Manfaat Penelitian ini bisa
dilihat dari beberapa pihak, yaitu : pihak Kepala Sekolah, Guru, Konselor,
maupun anak atau dimana peneliti mengadakan penelitian.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
- KAJIAN TEORI / PUSTAKA (A dan B )
Ini menuliskan tentang pengertian
– pengertian dari judul penelitian atau variabel yang ada. Kalau variabelnya ada
satu, maka pembahsannya juga harus satu.
Kalau variabel ada dua maka yang dibahas juga dua. Tetapi harus dengan
menggunakan beberapa sumber informasi. Ada beberapa macam sumber informasi yang
dapat digunakan yaitu : jurnal penelitian, laporan hasil penelitian, abstrak,
narasumber, buku, surat kabar majalah dan internet.
- DASAR PEMIKIRAN
Menguraikan
kerangka berfikir secara sederhana tentang permasalahan yang
|
|
|
||||||
|
||||||
- HIPOTETIS
Hipotesis disitu mengatakan
dugaan atau jawaban sementara suatu masalah yang dibuktikan kebenarannya (
harus ada sumber pernyataan tersebut ).
Contoh :
“Hipotesis
tersebut akan tertulis terdapat hubungan atau ada hubungan……”
BAB
III
METODE PENELITIAN
METODE PENELITIAN
A.
IDENTIFIKASI VARIABEL PENELITIAN
Ini menguji hubungan antara dua variabel
yauti variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dapat mempengaruhi
segala hal atau masalah. Sedangakan variabel terikat tidak bisa, hanya bisa
mempengaruhi variabel itu sendiri.
B.
METODE DAN PENDEKATAN PENELITIAN
Menjelaskan penggunaan metode
dalam penelitian yang dilakukan dan penggunaan pedekatan yang dipilih.
Misal : Metode korelasional menggunakan Pendekatan kuantitatif.
Ada bermacam- macam penelitian yang
bisa dipilih oleh peneliti.
·
Berdasarkan
aspek tujuan : Penelitian dasar, penelitian terapan / applied research
·
Berdasarkan
aspek metode : Penelitian deskriptif, Penelitian Sejarah, Penelitian
Survei, Penelitian ex-postfakto, Penelitian
Eksperimen, Penelitian kuasi Eksperimen
·
Berdasarkan
bidang garapan : Penelitian Kependidikan dan Peneltian Kependidikan.
Pendekatan penelitian yang dapat
digunakan peneliti ada dua. Pendekatan Kuantitatif adalah pendekatan dengan menggunakan angka
atau uji statistika. Pendekatan Kualitatif adalah pendekatan dengan menggunakan
pernyataan.
C.
TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN
Menjelaskan tempat penelitian
akan dilaksanakan. Waktu dimulai dari pengajuan judul sampai proses serta
sampai penyusunan laporan hasil penelitian.
D.
POPULASI DAN SAMPEL PENELITIAN
Pengertian populasi adalah jumlah
keseluruhan dari unit-unit yang ciri-cirinya dapat diduga. Sedangkan Sampel
adalah bagian dari populasi yang akan diukur dan diselidiki serta dianggap
mewakili. Untuk obyek kurang dari 100 diambil semua. Jika lebih dari 100 maka dapat
diambil antara 10-15% atau 20-25% atau melihat waktu, dana dan kemampuan
peneliti.
E.
INSTRUMEN PENELITIAN
Instrumen penelitian dapat berupa
kuesioner atau angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
F.
TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Teknik pengumpulan data sesuai
dengan instrument yang digunakan. Misal :
Angket : menyebarkan angket pada
responden yang berisi pertnyaan – pertanyaan. Terdapat petunjuk umum dan
petunjuk pengisian sehingga responden mengerti dan memahami angket.
G.
TEKNIK ANALISIS DATA
Teknik analisis data yang
digunakan bisa menggunakan presentasi maupun menggunakan rumus statistika.
Thx mbak bermanfaat sekali :}
BalasHapussangat membabtu
BalasHapus