ANALISIS KORELASI TUJUAN PENDIDIKAN
NASIONAL DAN PENDIDIKAN IPS
A.
Pengertian
pendidikan
a.
Pendidikan:
Tuntunan, pimpinan, bimbingan yang dilakukan secara
sadar (sengaja) oleh seseorang atau sekelompok orang kepada seseorang atau
sekelompok orang.
b.
Pendidikan menurut
UU RI No. 20 Tahun 2003:
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara
aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
c.
Pendidikan
menurut TAP MPR NO.V/MPR/1973:
Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar untuk
mengembangkan kepribadian dan kemampuan didalam dan diluar sekolah dan
berlangsung seumur hidup.
B.
Pengertian
pendidikan IPS
a.
JAMES A BANKS
(1990:3):
Bagian dari kurikulum sekolah dasar dan menengah yang
mempunyai tanggung jawab pokok membantu para siswa untuk mengembangkan
pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai yang diperlukan dalam hidup bernegara
dilingkungan bermasyarakatnya.
b.
COMMITE ON SOCIAL
STUDIES 1913:
Bidang khusus dalam pemanfaatan data ilmu sosial
sebagai tenaga dalam memperbaiki kesejahteraan umatmanusia.
c.
Pengertian IPS:
·
Mata pelajaran
yang mempelajari kehidupan social yang didasarkan pada bahan kajian geografi,
ekonomi, sosiologi, antropologi, tata Negara dan sejarah, yang disajikan
sistematis dan psikologis.
·
Perpaduan antara konsep-konsep
ilmu social dengan konsep-konsep pendidikan yang dikaji secara sistematis,
psikologis dan fungsional sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik.
C.
Korelasi tujuan
ilmu IPS dengan pendidikan nasional
Ilmu yang disajikan dalam pendidikan IPS merupakan perpaduan
antara ilmu-ilmu sosial dengan ilmu pendidikan. Ilmu yang dikembangkan dalam
pendidikan IPS merupakan hasil seleksi, adaptasi dan modifikasi dari hubungan
interdisipliner antara disiplin ilmu pendidikan dan disiplin ilmu-ilmu social
yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan
pendidikan. Oleh karena itu pendidikan IPS harus mengacu pada tujuan pendidikan
nasional. Dengan demikian tujuan pendidikan IPS adalah mengembangkan kemampuan
peserta didik dalam menguasai disiplin ilmu-ilmu sosial, psikologis, ideologis
Negara dan agam yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis
untuk tujuan pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar