Minggu, 02 September 2018

RPP TIK KELAS 4 SD


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Sekolah                       :  SD AR RAHMAN KERTOSONO
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  1 dan 2
Waktu                                     :  4  x 35 menit


STANDAR KOMPETENSI            :
Media Penyimpanan  Data

KOMPETENSI DASAR :
Media Penyimpanan  Data

INDIKATOR

1.      Mendefinisikan  media penyimpanan
2.      Menunjukkan macam-macam media penyimpanan
3.      Mendeskripsikan macam dan karakteristik Media Penyimpanan
4.      Memperagakan cara menyimpan data pada flash disk sebagai salah satu media penyimpanan

TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Siswa dapat mendefinisikan media penyimpanan dengan tepat dan benar
2.      Siswa dapat menunjukkan macam-macam media penyimpanan dengan tepat dan benar
3.      Siswa dapat mendeskripsikan macam dan karakteristik media penyimpanan dengan tepat dan benar
4.      Siswa dapat memperagakan cara menyimpan data pada flash disk sebagai salah satu media penyimpanan dengan tepat dan benar

 

MATERI AJAR :


Penyimpanan data komputer, berasal dari bahasa Inggris "computer data storage" sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu. Penyimpanan data komputer menyediakan salah satu tiga fungsi inti dari komputer modern, yakni mempertahankan informasi. Ia merupakan salah satu komponen fundamental yang terdapat di dalam semua komputer modern, dan memiliki keterkaitan dengan mikroprosesor, dan menjadi model komputer yang digunakan semenjak 1940-an.
Dalam penggunaan kontemporer, memori komputer merujuk kepada bentuk media penyimpanan berbahan semikonduktor, yang dikenal dengan sebutan Random Access Memory (RAM), dan kadang-kadang dalam bentuk lainnya yang lebih cepat tapi hanya dapat menyimpan data secara sementara. Akan tetapi, istilah "computer storage" sekarang secara umum merujuk kepada media penyimpanan massal, yang bisa berupa cakram optis, beberapa bentuk media penyimpanan magnetis (seperti halnya hard disk) dan tipe-tipe media penyimpanan lainnya yang lebih lambat ketimbang RAM, tapi memiliki sifat lebih permanen, seperti usb flash drive, CD-R, CD-ROM, CD-RW,DVD, dll.
CD-R adalah singkatan dari istilah bahasa Inggris Compact Disc-Recordable) merupakan jenis cakram padat yang dapat diisi dengan data. salah satu jenis media penyimpanan eksternal pada komputer. Secara fisik CD-R merupakan CD polikarbonat kosong berdiameter 120 mm sama seperti CD ROM. Awalnya CD-R dilapisi emas sebagai media refleksinya.Permukaan reflektif pada lapisan emas tidak memiliki depresi atau lekukan - lekukan fisik seperti halnya pada lapisan aluminium kemudian disempurnakan dengan cara dengan menambahkan lapisan pewarna di antara polikarbonat dan lapisan emas. Jenis pewarna yang sering digunakan adalah cyanine yang berwarna hijau dan pthalocynine yang berwarna oranye kekuningkuningan.Pewarna ini sama seperti yang digunakan dalam film fotografi sehingga menjadikan Kodak dan Fuji produsen utama CD-R Sebelum digunakan pewarna bersifat transparan sehingga sinar laser berdaya tinggi dapat menembus sampai ke lapisan emas saat proses penulisan. Saat sinar laser mengenai titik pewarna, sinar ini memanaskannya sehingga pewarna terurai melepaskan ikatan kimianya membentuk suatu noda. Noda - noda inilah sebagai representasi data yang nantinya dapat dikenali oleh foto-detektor apabila disinari dengan laser berdaya rendah saat proses pembacaan. CD-R hanya dapat menyimpan satu kali saja dan data yang telah ada sebelumnya tidak dapat diubah atau dihapus.
CD-ROM (singkatan dari Compact Disc - Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.
CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
Compact Disk Rewritable disingkat CD-RW adalah CD-ROM yang dapat ditulisi kembali. CD-RW menggunakan media berukuran sama dengan CD-R. tetapi bukan menggunakan bahan pewarna cyanine atau pthalocyanine, CD-RW menggunakan logam perpaduan antara perak, indium, antimon, dan telurrium untuk lapisan perekaman.
Kandar CD-RW menggunakan laser dengan tiga daya yang berbeda. Pada daya yang tinggi, laser melelehkan logam paduan, yang mengubahnya dari kondisi kristalin reflektivitas tinggi menjadi kondisi amorf refletivitas agar menyerupai sebuah pit. Pada daya sedang, logam paduan meleleh dan berubah kembali dalam kondisi kristalin alamiahnya untuk menjadi land lagi. Pada daya rendah, keadaan/kondisi material ditelaah (untuk pembacaan), tetapi tidak ada transisi fase yang terjadi.
Cakram CD-RW relatif lebih mahal dibandingkan cakram CD-R.
USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.
USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.


MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN:
-          Model Pembelajaran :
Pembelajaran langsung
-          Metode Pembelajaran:
Metode demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas

LNAGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN


Pertemuan ke -1

a.       Kegiatan awal (10 menit)
Fase – 1 (Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa)
-          Guru menyiapkan perangkat komputer

b.      Kegiatan inti (50 menit)
Fase – 2 (Mendemonstrasikan pengetahuan)
-          Guru menunjukkan beberapa contoh media penyimpanan
-          Guru Menjelaskan karakteristik beberapa media penyimpanan
-          Guru Menjelaskan penggunaan beberapa media penyimpanan

Fase – 3 (Membimbing pelatihan)
-          Guru meminta siswa untuk menyebutkan beberapa macam media penyimpanan dan karakteristiknya

Fase – 4  ( Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik)
-          Siswa dapat menunjukkan macam-macam media penyimpanan
-          Siswa dapat mendeskripsikan karakteristik dari macam-macam media penyimpanan

c.       Kegiatan Akhir (10 menit)
Fase – 5 (Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan)
-          Guru merefleksi pelajaran hari ini
-          Semua siswa menyimpulkan deskripsi media penyimpanan


Pertemuan ke -2

a.       Kegiatan awal (10 menit)
Fase – 1 (Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa)
-          Guru menyiapkan perangkat komputer

b.      Kegiatan inti (50 menit)
Fase – 2 (Mendemonstrasikan pengetahuan)
-          Guru menunjukkan beberapa contoh media penyimpanan (mengingatkan kembali )
-          Guru Menjelaskan cara menyimpan data pada flah disk sebagai salah satu media penyimpanan

Fase – 3 (Membimbing pelatihan)
-          Guru membimbing siswa untuk mempraktikkan cara menyimpan data pada flah disk sebagai salah satu media penyimpanan

 Fase – 4  ( Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik)
-          Guru meminta siswa menyimpan data pada flah disk

c.       Kegiatan Akhir (10 menit)
Fase – 5 (Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan)
a. Guru merefleksi pelajaran hari ini
b.Guru mengingatkan siswa untuk mencoba lagi di rumah

ALAT BAHAN/ SUMBER BELAJAR :

-          Buku Panduan
-          Perangkat komputer
-          Media penyimpanan

PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Tes Lisan
2.      Tes Kinerja/Performansi




Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV



Mariatul Ulfa, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Sekolah                       :  SD AR RAHMAN KERTOSONO
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  3 dan 4
Waktu                                     :  4  x 35 menit

STANDAR KOMPETENSI :
Windows Explorer

KOMPETENSI DASAR :
ü  Windows Explorer

INDIKATOR

ü  Mendefinisikan Windows Explorer
ü  Menjalankan program Windows Explorer
ü  Menggunakani fasilitas Windows Explorer
ü  Menggunakan perintah untuk mengatur data/file (Cut, Copy, Paste)
ü  Membuat dan mengatur folder

TUJUAN PEMBELAJARAN :
ü  Siswa dapat mendefinisikan windows explorer dengan tepat dan benar
ü  Siswa dapat menjalankan program windows explorer dengan tepat dan benar
ü  Siswa dapat menggunakani fasilitas windows explorer dengan tepat dan benar
ü  Siswa dapat menggunakan perintah untuk mengatur data/file (Cut, Copy, Paste) dengan tepat dan benar
ü  Siswa dapat membuat dan mengatur folder dengan tepat dan benar

MATERI AJAR :


Pengertian Windows Explorer
Windows Explorer adalah salah satu program yang dimiliki oleh oleh Microsoft Windows. Dengan Windows Explorer kita dapat melakukan seluruh kegiatan dalam menangani file dan folder sehingga kita dapat mengorganisasikan file dan folder dengan mudah.
Windows Explorer terbagi dalam dua jendela atau pane, yaitu :
  • Jendela kiri (pane folder), berisi folder dan drive di komputer
  • Jendela kanan (pane file), untuk menampilkan isi folder yang sedang dipilih

Langkah Mengaktifkan Windows Explorer
Di dalam mengaktifkan windows explorer ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu : :
Cara     1:Tempatkan mouse pada tombol start yang ada pada taksbar, kemudian klik kanan dan pilih explorer
Cara 2:Klik Start yang ada pada taksbar, kemudian klik Program, klik Windows Explorer
Cara     3:Tunjuk icon My Computer, kemudian klik kanan dan pilih explorer

Kita dapat mengedit data yang telah kita ketik dengan perintah Cut, copy, paste dengan cara sbb:
  • Tentukan file yang akan dipindahkan
  • Klik kanan pada file yang akan dipindahkan, kemudian klik Cut
  • Tentukan tempat tujuan pengcopyan, kemudian klik kanan pada folder tersebut, kemudian klik Paste
MEMBUAT FOLDER :
FOLDER adalah semacam suatu tempat yang sengaja dibuat untuk menyimpan file-file.
Baimana cara membuat folder ? ada beberapa cara membuat folder namun kali ini saya mencoba uraikan cara membuat folder dari windows explorer.
Langkah pertama, klik kanan pada Start Menu kemudian klik Explorer, lihat gambar berikut

sehingga muncul jendela explorer seperti terlihat dalam gambar di bawah ini, perhatikan di situ saya memisahkan dua buah jendela dengan nama Window 1 dan window 2 dan dipisahkan dengan garis berwarna merah.
Untuk membuat sebuah folder baru pada drive D, klik terlebih dahulu pada drive D seperti yang sudah saya tunjukan dengan lingkaran warna merah.


Langkah kedua, klik kanan pada area kosong dalam Window 2, sehingga muncul shortcut menu dan tentukan pilihan New dengan cara klik pada New, kemudian pilih Folder (lihat gambar).


Langkah ketiga, folder baru sudah muncul pada area window 2 dan nama defaultnya adalah New Folder, selanjutnya adalah mengubah nama folder baru (New Folder) tersebut sesuai dengan kehendak anda, namun saran saya agar nama folder disesuaikan dengan isi folder itu sendiri nantinya. Misalkan anda ingin membuat laporan, maka sebaiknya folder diberi nama LAPORAN. Tapi kali ini sebagai contoh kita gunakan folder dengan nama TABEL, jadi ketik TABEL kemudian Enter.


MENGGANTI NAMA FOLDER (RENAME) :
c.       Klik kanan pada folder yang akan diubah namnanya
d.      Klik Rename
e.       Tulislah nama baru yang diinginkan
f.       Tekan Enter
Menghapus Folder:
g.      Klik kanan pada folger yang akan dihapus
h.      Klik delete
i.        Klik ok
Memindahkan folder :
j.        Klik kanan pada folder yang akan dipindahkan
k.      Klik cut
l.        Pilih tempat untuk menyimpan
m.    Klik kanan pada tempat baru
n.      Klik paste

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN:
-          Model Pembelajaran :
Pembelajaran langsung
-          Metode Pembelajaran:
Metode demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN


Pertemuan ke -3

1.      Kegiatan awal (10 menit)
Fase – 1 (Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa)
- Guru menyiapkan perangkat komputer dan guru menunjukkan folder yang ada di desktop

2.      Kegiatan inti (50 menit)
Fase – 2 (Mendemonstrasikan pengetahuan)
- Guru mendemonstrasikan cara menjalankan program Windows Explorer melalui menu start
- Guru mendemonstrasikan menjalankan Windows Explorer melalui shortcut
- Guru mendemonstrasikan perintah-perintah pengaturan data (Copy, Cut, da Paste) melalui standart button
- Guru mendemonstrasikan perintah-perintah pengaturan data (Copy, Cut, da Paste) dengan mouse (klik kanan)

Fase – 3 (Membimbing pelatihan)
            - Dengan bimbingan guru :
ü  Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Windows Explorer melalui menu Start
ü  Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Windows Explorer melalui shortcut
ü  Siswa mendemonstrasikan perintah pengaturan data melalui stndart button
ü  Siswa mendemonstrasikan perintah-perintah pengaturan data (Copy, Cut, da Paste) melalui klik kanan mouse
Fase – 4  ( Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik)
- Guru memberikan tugas pada siswa
- Guru melakukan penilaian
c. Kegiatan Akhir (10 menit)
Fase – 5 (Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan)
o.Guru merefleksi pelajaran hari ini
- Siswa menyimpulkan cara menjalankan windows explorer dan mengatur data dengan perintah-perintah Copy, Cut, dan Paste

Pertemuan ke -4

1.      Kegiatan awal (10 menit)
Fase – 1 (Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa)
- Guru menyiapkan perangkat komputer guru mendemonstrasikan cara menjalankan program Windows Explorer melalui menu start
2.      Kegiatan inti (50 menit)
Fase – 2 (Mendemonstrasikan pengetahuan)
ü  Guru mendemonstrasikan cara membuat folder baru
ü  Guru mendemonstrasikan cara meng-copy folder
ü  Guru mendemonstrasikan cara mengganti nama folder
ü  Guru mendemonstrasikan cara menghapus folder
Fase – 3 (Membimbing pelatihan)
            - Dengan bimbingan guru :
ü  Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Windows Explorer melalui menu Start
ü  Siswa mendemonstrasikan cara membuat folder baru
ü  Siswa mendemonstrasikan cara meng-copy folder
ü  Siswa mendemonstrasikan cara mengganti nama folder
ü  Siswa mendemonstrasikan cara menghapus folder
Fase – 4  ( Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik)
- Guru memberikan tugas pada siswa
- Guru melakukan penilaian
c. Kegiatan Akhir (10 menit)
Fase – 5 (Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan)
- Guru merefleksi pelajaran hari ini
- Siswa menyimpulkan cara menjalankan windows explorer dan mengatur data dengan perintah-perintah Copy, Cut, dan Paste

MEDIA PEMBELAJARAN

ü  Buku Panduan
ü  Perangkat komputer

PENILAIAN

1.      Tes Lisan
2.      Tes Performance/Kinerja



Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV



Mariatul Ulfa, S.Pd


ENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Sekolah                       :  SD AR RAHMAN KERTOSONO
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  5 dan 6
Waktu                                     :  4  x 35 menit

STANDAR KOMPETENSI :
v  Microsoft Word

KOMPETENSI DASAR :
v  Microsoft Word

INDIKATOR

v  Mendeskripsikan program Microsoft Word
v  Menjalankan program Microsoft Word
v  Mengatur jendela program Microsoft Word

v  Memahami  elemen dasar jendela program Microsoft Word

v  Mendemonstrasikan Sizing Button


TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah mengikuti pelajaran ini diharapkan siswa dapat :
v  Mendeskripsikan program Microsoft Word
v  Menjalankan program Microsoft Word
v  Mengatur jendela program Microsoft Word

v  Memahami  elemen dasar jendela program Microsoft Word

v  Mendemonstrasikan Sizing Button


MATERI AJAR:

Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word, ada baiknya jika kita mengenal beberapa istilah yang akan dipakai dalam paket latihan ini. Di antaranya adalah istilah Screen Layout (tampilan layar), Menu, dan Toolbar.
Screen Layout atau tampilan layar, sesuai dengan arti kata-kata penyusunnya, merupakan sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer anda saat mengoperasikan program ini.
Pada bagian Baris Judul, dapat kita lihat nama file yang sedang kita buka, jika kita belum menyimpan dan memberi nama pada file yang kita buka, biasanya Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
Istilah Menu yang digunakan dalam Microsoft Word mempunyai pengertian yang hampir sama dengan pengertian menu dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam menu ini, terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada Baris Menu
Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis pada pada menu. Cara memakainya yaitu dengan menekan tombol-tombol pada toolbar tersebut.

Cara menjalankan Microsoft Word :
Cara pertama:
a.       Arahkan kursor atau pointer ke arah start
b.      Klik start.
c.       Klik Program
d.      Klik Microsoft word
e.       Tunggu sampai tampil jendela microsoft word
Cara kedua :
- Klik dua kali icon Shortcut Word di dekstop

Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya telah Anda ketik, ikuti langkah berikut :
• Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
• Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+F.

Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
• Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
• Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN:
-          Model Pembelajaran :
Pembelajaran langsung
-          Metode Pembelajaran:
Metode demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas




LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN


Pertemuan ke -5

1.      Kegiatan awal (10 menit)
Fase – 1 (Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa)
- Guru menyiapkan perangkat komputer

2.      Kegiatan inti (50 menit)
Fase – 2 (Mendemonstrasikan pengetahuan)
v  Guru mendemonstrasikan cara menjalankan program Ms. Word melalui menu start
v  Guru mendemonstrasikan cara menjalankan program Ms. Word melalui shortcut
v  Guru mendemonstrasikan cara menutup program Ms. Word

Fase – 3 (Membimbing pelatihan)
            - Dengan bimbingan guru :
v  Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan program Ms. Word  melalui menu Start
v  Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan program Ms. Word  melalui shortcut
v  Siswa mendemonstrasikan cara menutup program Ms. Word

Fase – 4  ( Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik)
- Guru memberikan tugas pada siswa
- Guru melakukan penilaian

c. Kegiatan Akhir (10 menit)
Fase – 5 (Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan)
- Guru merefleksi pelajaran hari ini
- Siswa menyimpulkan cara pengoperasian Ms. Word

Pertemuan ke -6
1.      Kegiatan awal (10 menit)
Fase – 1 (Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa)
- Guru menyiapkan perangkat komputer

2.      Kegiatan inti (50 menit)
Fase – 2 (Mendemonstrasikan pengetahuan)
v  Guru menunjukkan elemen-elemen dasar Ms. Word
v  Guru mendemonstrasikan cara menggunakan Sizing Button

Fase – 3 (Membimbing pelatihan)
            - Dengan bimbingan guru :
v  Siswa menunjukkan elemen-elemen dasar Ms. Word
v  Siswa mendemonstrasikan cara menggunakan sizing button

Fase – 4  ( Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik)
- Guru memberikan tugas pada siswa
- Guru melakukan penilaian

3.      Kegiatan Akhir (10 menit)
Fase – 5 (Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan)
-  Guru merefleksi pelajaran hari ini
-   Siswa menyimpulkan pengoperasian Ms. Word dan elemen-elemen dasarnya

MEDIA PEMBELAJARAN

v  Buku Panduan dan LKS
v  Perangkat komputer


PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Tes Performance
2.      Tes Lisan




Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV



Mariatul Ulfa, S.Pd


RENCANA PENGAJARAN

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang Pendidikan     :  SD
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  6
Waktu                                     :  2  x 40 menit


KOMPETENSI DASAR :
: Microsoft Word

INDIKATOR

: Mendeskripsikan program Microsoft Word
: Menjalankan program Microsoft Word
: Mengatur jendela program Microsoft Word

: Memahami  elemen dasar jendela program Microsoft Word


MATERI POKOK

: Definisi Microsoft Office
: Definisi Microsoft Word
: Mendemonstrasikan menjalankan Microsoft Word
: Menunjukkan lembar kerja Microsoft Word

: Mendemonstrasikan Sizing Button


MEDIA PEMBELAJARAN

: Buku Panduan dan LKS
: Perangkat komputer

SKENARIO PEMBELAJARAN

1.      Sebagai kegiatan pembuka adalah menyiapkan perangkat komputer :
: Guru mendemonstrasikan cara menjalankan program Ms. Word melalui menu start
: Guru mendemonstrasikan cara menjalankan program Ms. Word melalui shortcut
: Guru menunjukkan elemen-elemen dasar Ms. Word
: Guru mendemonstrasikan cara menggunakan Sizing Button
2.      Kegiatan inti :
: Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Windows Explorer melalui menu Start
: Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Windows Explorer melalui shortcut
3.      Kegiatan penutup:


PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Hasil demonstrasi siswa
2.      Tes Tulis



Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV



Mariatul Ulfa, S.Pd


RENCANA PENGAJARAN

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang Pendidikan     :  SD Kelas 4
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  7
Waktu                                     :  2  x 40 menit


KOMPETENSI DASAR :
: Microsoft Word : Fasilitas Menu Bar, Toolbar Standart, dan Toolbar Formatting

INDIKATOR

: Mendiskripsikan fasilitas Menu Bar, Toolbar Standard dan Toolbar Formatting
: Memahami fungsi masing-masing toolbar
: Mengaktifkan toolbar standart

: Mengaktifkan toolbar formatting


MATERI POKOK

: Pemanfaatan fasilitas menu bar (baris menu), toolbar standart, dan toolbar formatting dalam pengoperasian Microsoft Word
: Menunjukkan deretan menu bar, toolbar standart, dan toolbar formatting.
: Menunjukkan ikon-ikon toolbar standart dan formatting

: Mendemonstrasikan cara mengaktifkan dan menon-aktifkan toolbar standart dan toolbar formatting


MEDIA PEMBELAJARAN

: Buku Panduan dan LKS
: Perangkat komputer

SKENARIO PEMBELAJARAN

1.      Sebagai kegiatan pembuka adalah menyiapkan perangkat komputer :
: Guru mendemonstrasikan cara menjalankan program Ms. Word melalui menu start
: Guru menunjukkan Menu Bar , toolbar standard, dan toolbar formatting
: Guru mendemonstrasikan cara mengaktifkan atau menon-aktifkan toolbar standard dan toolbar formatting
2.      Kegiatan inti :
: Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word melalui menu Start
: Siswa menunjukkan Menu Bar, Toolbar Standard, dan Toolbar Formatting
: Siswa mendemonstrasikan cara mengaktifkan atau menon-aktifkan toolbar standard dan Formatting
3.      Kegiatan penutup:
Siswa menyimpulkan cara mengaktifkan Toolbar Standart dan Formatting

PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Tes Tulis
2.      Hasil demonstrasi siswa



Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV



Mariatul Ulfa, S.Pd



RENCANA PENGAJARAN

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang Pendidikan     :  SD Kelas 4
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  8
Waktu                                     :  2  x 40 menit


KOMPETENSI DASAR :
: Microsoft Word : Fasilitas Menu Bar, Toolbar Standart, dan Toolbar Formatting

INDIKATOR

: Mendiskripsikan fasilitas Menu Bar, Toolbar Standard dan Toolbar Formatting
: Memahami fungsi masing-masing toolbar
: Mengaktifkan toolbar standart

: Mengaktifkan toolbar formatting


MATERI POKOK

: Pemanfaatan fasilitas menu bar (baris menu), toolbar standart, dan toolbar formatting dalam pengoperasian Microsoft Word
: Menunjukkan deretan menu bar, toolbar standart, dan toolbar formatting.
: Menunjukkan ikon-ikon toolbar standart dan formatting

: Mendemonstrasikan cara mengaktifkan dan menon-aktifkan toolbar standart dan toolbar formatting


MEDIA PEMBELAJARAN

: Buku Panduan dan LKS
: Perangkat komputer

SKENARIO PEMBELAJARAN

1.      Sebagai kegiatan pembuka adalah menyiapkan perangkat komputer :
: Guru mendemonstrasikan icon-icon toolbar standard
: Guru mendemonstrasikan icon-icon toolbar Formatting
2.      Kegiatan inti :
: Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word melalui menu Start
: Siswa menunjukkan Menu Bar, Toolbar Standard, dan Toolbar Formatting
: Siswa mendemonstrasikan cara mengaktifkan atau menon-aktifkan toolbar standard dan Formatting
3.      Kegiatan penutup:
Siswa menyimpulkan ikon-ikon dari Toolbar Standard dan Formatting

PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Hasil demonstrasi siswa
2.      Tes tertulis



Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV



Mariatul Ulfa, S.Pd


RENCANA PENGAJARAN

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang Pendidikan     :  SD Kelas 4
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  9
Waktu                                     :  2  x 40 menit


KOMPETENSI DASAR :
: Microsoft Word : Mengetik Dasar

INDIKATOR

: Mengidentifikasi letak program pengolah kata
: Menjalankan program pengolah kata
: Membuat teks
: Mengaplikasikan tombol-tombol penting keyboard dalam membuat teks/mengetik

: Menyimpan dokumen


MATERI POKOK

: Pemanfaatan fasilitas pengolah kata dalam membuat dokumen baru
: Mendemonstrasikan, mengaktifkan program.
: Mengetik teks yang telah ada
: Mendemonstrasikan mengatur paragraf dan spasi
: Memanfaatkan tombol Tab, shift, Capslock, Enter, Space, Backspace, Delete.
: Mendemonstrasikan cara mengetik tanda baca yang benar.

: Mendemonstrasikan menyimpan dokumen pada harddisk


MEDIA PEMBELAJARAN

: Buku Panduan dan LKS
: Perangkat komputer

SKENARIO PEMBELAJARAN

1.      Sebagai kegiatan pembuka adalah menyiapkan perangkat komputer dan menunjukkan teks yang akan diketik
: Guru mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Guru mendemonstrasikan cara memulai mengetik dalam lembar kerja Ms. Word
: Guru mendemonstrasikan cara menyimpan pada Harddisk
2.      Kegiatan inti :
: Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Siswa mendemonstrasikan mengetik dengan teks
: Siswa mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen pada Harddisk
3.      Kegiatan penutup:
Siswa menyimpulkan langkah-langkah mengetik dan menyimpan dokumen pada Harddisk

PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Hasil demonstrasi siswa



Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV



Mariatul Ulfa, S.Pd


RENCANA PENGAJARAN

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang Pendidikan     :  SD Kelas 4
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  10
Waktu                                     :  2  x 40 menit


KOMPETENSI DASAR :
: Microsoft Word : Mengetik Dasar

INDIKATOR

: Mengidentifikasi letak program pengolah kata
: Menjalankan program pengolah kata
: Membuat teks
: Mengaplikasikan tombol-tombol penting keyboard dalam membuat teks/mengetik

: Menyimpan dokumen


MATERI POKOK

: Pemanfaatan fasilitas pengolah kata dalam membuat dokumen baru
: Mendemonstrasikan, mengaktifkan program.
: Mengetik teks yang telah ada
: Mendemonstrasikan mengatur paragraf dan spasi
: Memanfaatkan tombol Tab, shift, Capslock, Enter, Space, Backspace, Delete.
: Mendemonstrasikan cara mengetik tanda baca yang benar.

: Mendemonstrasikan menyimpan dokumen pada harddisk


MEDIA PEMBELAJARAN

: Buku Panduan dan LKS
: Perangkat komputer

SKENARIO PEMBELAJARAN

1.      Sebagai kegiatan pembuka adalah menyiapkan perangkat komputer :
: Guru mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Guru mendemonstrasikan cara membuka dokumen pada Harddisk
: Guru mendemonstrasikan cara mengatur paragraf dan spasi dalam pengetikan
: Guru mendemonstrasikan cara menggunakan tanda baca dalam pengetikkan dokumen
: Guru mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen
2.      Kegiatan inti :
: Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Siswa mendemonstrasikan cara membuka dokumen
: Siswa mendemonstrasikan cara mengatur paragraf dan spasi dalam pengetikkan dokumen
: Siswa mendemonstrasikan cara menggunakan tanda baca dalam pengetikkan dokumen
: Siswa mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen
3.      Kegiatan penutup:
Siswa menyimpulkan cara membuka dokumen dan pengaturan tanda baca dalam pengetikkan, dan penyimpan kembali dokumen yang sudah dibuka.

PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Hasil demonstrasi siswa


Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV

Mariatul Ulfa, S.Pd


RENCANA PENGAJARAN

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang Pendidikan     :  SD Kelas 4
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke             :  11
Waktu                                     :  2  x 40 menit


KOMPETENSI DASAR :
: Microsoft Word : Editing Dokumen

INDIKATOR

: Membuka dokumen
: Mengedit dokumen
: Membuat DropCap
: Menyisipkan Bullet and Numbering

: Menyimpan dengan nama lain


MATERI POKOK

: Mendemonstrasikan cara membuk dokumen
: Mendemonstrasikan proses editing dokumen
: Mendemonstrasikan cara membuat DropCap
: Mendemonstrasikan cara menyisipkan Bullet and Numbering

: Mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen yang sudah diedit dengan nama lain pada hardisk


MEDIA PEMBELAJARAN

: Buku Panduan dan LKS
: Perangkat komputer

SKENARIO PEMBELAJARAN

1.      Sebagai kegiatan pembuka adalah menyiapkan perangkat komputer dan menunjukkan contoh teks yang sudah jadi
: Guru mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Guru mendemonstrasikan cara membuka dokumen pada Harddisk
: Guru mendemonstrasikan cara mengatur perataan teks dan format font
: Guru mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen dengan nama lain
2.      Kegiatan inti :
: Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Siswa mendemonstrasikan cara membuka dokumen
: Siswa mendemonstrasikan cara perataan teks dan format font
: Siswa mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen dengan nama lain
3.      Kegiatan penutup:
Siswa menyimpulkan cara membuka dokumen, pengaturan perataan teks, format font, dan pyimpanan file dengan nama lain

PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Tes Performance


Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV


Mariatul Ulfa, S.Pd




RENCANA PENGAJARAN

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang Pendidikan     :  SD Kelas 4
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  12
Waktu                                     :  2  x 40 menit


KOMPETENSI DASAR :
: Microsoft Word : Editing Dokumen

INDIKATOR

: Membuka dokumen
: Mengedit dokumen
: Membuat DropCap
: Menyisipkan Bullet and Numbering

: Menyimpan dengan nama lain


MATERI POKOK

: Mendemonstrasikan cara membuk dokumen
: Mendemonstrasikan proses editing dokumen
: Mendemonstrasikan cara membuat DropCap
: Mendemonstrasikan cara menyisipkan Bullet and Numbering

: Mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen yang sudah diedit dengan nama lain pada hardisk


MEDIA PEMBELAJARAN

: Buku Panduan dan LKS
: Perangkat komputer

SKENARIO PEMBELAJARAN

1.      Sebagai kegiatan pembuka adalah menyiapkan perangkat komputer dan menunjukkan contoh teks yang sudah jadi
: Guru mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Guru mendemonstrasikan cara membuka dokumen pada Harddisk
: Guru mendemonstrasikan cara mengatur format font
: Guru mendemonstrasikan cara membuat Drop Cap
: Guru mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen
2.      Kegiatan inti :
: Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Siswa mendemonstrasikan cara membuka dokumen
: Siswa mendemonstrasikan cara format font
: Siswa mendemonstrasikan cara membuat Drop Cap
: Siswa mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen
3.      Kegiatan penutup:
Siswa menyimpulkan cara mengatur font, membuat Drop Cap, dan menyimpan dokumen

PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Hasil demonstrasi siswa


Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV

Mariatul Ulfa, S.Pd



RENCANA PENGAJARAN

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang Pendidikan     :  SD Kelas 4
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  13
Waktu                                     :  2  x 40 menit


KOMPETENSI DASAR :
: Microsoft Word : Editing Dokumen

INDIKATOR

: Membuka dokumen
: Mengedit dokumen
: Membuat DropCap
: Menyisipkan Bullet and Numbering

: Menyimpan dengan nama lain


MATERI POKOK

: Mendemonstrasikan cara membuk dokumen
: Mendemonstrasikan proses editing dokumen
: Mendemonstrasikan cara membuat DropCap
: Mendemonstrasikan cara menyisipkan Bullet and Numbering

: Mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen yang sudah diedit dengan nama lain pada hardisk


MEDIA PEMBELAJARAN

: Buku Panduan dan LKS
: Perangkat komputer

SKENARIO PEMBELAJARAN

1.      Sebagai kegiatan pembuka adalah menyiapkan perangkat komputer dan menunjukkan contoh teks yang sudah jadi
: Guru mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Guru mendemonstrasikan cara mengetik dokumen baru
: Guru mendemonstrasikan cara membuat Drop Cap
: Guru mendemonstrasikan cara membuat Bullet and Numbering
: Guru mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen pada folder kelas
2.      Kegiatan inti :
: Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Siswa mendemonstrasikan cara mengetik dokumen baru
: Siswa mendemonstrasikan cara membuat Drop Cap
: Siswa mendemonstrasikan cara membuat Bullet and Numbering
: Siswa mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen pada folder kelas
3.      Kegiatan penutup:
Siswa menyimpulkan cara membuat Drop Cap, Bullet and Numbering, dan menyimpan dokumen pada folder kelas

PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Hasil demonstrasi siswa



Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV

Mariatul Ulfa, S.Pd


RENCANA PENGAJARAN

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang Pendidikan     :  SD Kelas 4
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  14
Waktu                                     :  2  x 40 menit


KOMPETENSI DASAR :
: Microsoft Word : Editing Dokumen

INDIKATOR

: Membuka dokumen
: Mengedit dokumen
: Membuat DropCap
: Menyisipkan Bullet and Numbering

: Menyimpan dengan nama lain


MATERI POKOK

: Mendemonstrasikan cara membuk dokumen
: Mendemonstrasikan proses editing dokumen
: Mendemonstrasikan cara membuat DropCap
: Mendemonstrasikan cara menyisipkan Bullet and Numbering

: Mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen yang sudah diedit dengan nama lain pada hardisk


MEDIA PEMBELAJARAN

: Buku Panduan dan LKS
: Perangkat komputer

SKENARIO PEMBELAJARAN

1.      Sebagai kegiatan pembuka adalah menyiapkan perangkat komputer dan menunjukkan contoh teks yang sudah jadi
: Guru mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Guru mendemonstrasikan cara membuka dokumen dari folder kelas
: Guru mendemonstrasikan cara mengatur formatting teks
: Guru mendemonstrasikan cara membuat Bullet and Numbering
: Guru mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen
2.      Kegiatan inti :
: Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Siswa mendemonstrasikan cara membuka dokumen pada folder kelas
: Siswa mendemonstrasikan cara mengatur formatting teks
: Siswa mendemonstrasikan cara membuat Bullet and Numbering
: Siswa mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen
3.      Kegiatan penutup:
Siswa menyimpulkan cara membuka dokumen, formatting teks, Bullet and Numbering, dan menyimpan dokumen

PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Tes Tulis


Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV

Mariatul Ulfa, S.Pd



RENCANA PENGAJARAN

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang Pendidikan     :  SD Kelas 4
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  15
Waktu                                     :  2  x 40 menit


KOMPETENSI DASAR :
: Microsoft Word : Dokumen Berkolom

INDIKATOR

: Membuka dokumen dalam hardisk
: Membuat dokumen berkolom

: Menyimpan dokumen dalam disket


MATERI POKOK

: Mendemonstrasikan cara membuka dokumen
: Mendemonstrasikan cara membuat dokumen berkolom

: Mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen dalam disket


MEDIA PEMBELAJARAN

: Buku Panduan dan LKS
: Perangkat komputer

SKENARIO PEMBELAJARAN

1.      Sebagai kegiatan pembuka adalah menyiapkan perangkat komputer dan menunjukkan contoh dokumen berkolom (koran/majalah)
: Guru mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Guru mendemonstrasikan cara  membuka dokumen
: Guru mendemonstrasikan cara membuat dokumen berkolom
: Guru mendemonstrasikan cara mengetik dokumen berkolom
: Guru mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen pada harddisk
2. Kegiatan inti :
: Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Siswa mendemonstrasikan cara membuka dokumen
: Siswa mendemonstrasikan cara membuat dokumen berkolom
: Siswa mendemonstrasikan cara mengetik dokumen berkolom
: Siswa mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen pada harddisk
2.      Kegiatan penutup:
Siswa menyimpulkan cara membuka dokumen, membuat dokumen berkolom, mengetik dokumen berkolom, dan menyimpan dokumen.

PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Tes Performance


Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV


Mariatul Ulfa, S.Pd


RENCANA PENGAJARAN

Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenjang Pendidikan     :  SD Kelas 4
Kelas/Semester            :  4 / 1
Pertemuan ke              :  16
Waktu                                     :  2  x 40 menit


KOMPETENSI DASAR :
: Microsoft Word : Dokumen Berkolom

INDIKATOR

: Membuka dokumen dalam hardisk
: Membuat dokumen berkolom

: Menyimpan dokumen dalam disket


MATERI POKOK

: Mendemonstrasikan cara membuka dokumen
: Mendemonstrasikan cara membuat dokumen berkolom

: Mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen dalam disket


MEDIA PEMBELAJARAN

: Buku Panduan dan LKS
: Perangkat komputer

SKENARIO PEMBELAJARAN

1.      Sebagai kegiatan pembuka adalah menyiapkan perangkat komputer dan menunjukkan contoh dokumen berkolom (koran/majalah)
: Guru mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Guru mendemonstrasikan cara  membuka dokumen
: Guru mendemonstrasikan cara membuat dokumen berkolom
: Guru mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen pada disket
2. Kegiatan inti :
: Siswa mendemonstrasikan cara menjalankan Ms. Word
: Siswa mendemonstrasikan cara membuka dokumen
: Siswa mendemonstrasikan cara membuat dokumen berkolom
: Siswa mendemonstrasikan cara menyimpan dokumen pada disket
2.      Kegiatan penutup:
Siswa menyimpulkan cara membuka dokumen, membuat dokumen berkolom, dan menyimpan dokumen pada disket.

PENILAIAN

Data kemajuan belajar diperoleh dari :
1.      Hasil demonstrasi siswa



Kertosono, 16 Juli 2018
Guru Kelas IV



Mariatul Ulfa, S.Pd





Tidak ada komentar:

Posting Komentar