BAB I
A.
Latar belakang masalah
Kegiatan belajar mengajar merupakan
suatu rangkaian yang tidak terpisahkan antara komponen yang satu dengan
komponen yang lainya, dalam hal ini media pembelajaran merupakan salah satu
komponen yang penting maka penggunaanya harus disesuaikan dengan tujuan yang
ingin dicapai dalam proses pembelajaran.
Penggunaan media pembelajaran dalam proses kegiatan
belajar mengajar merupkan salah satu upaya mengatasi ketidak mampuan siswa
dalam menangkap materi yang diajarkan, sehingga siswa secara aktif dapat
mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan ranah yang benar. Pernyataan
tersebut sesuai dengan arti dari pendidikan menurut Undang-Undang Sisdiknas No.
20/2003 Bab I pasal 1 (1) yang berbunyi “ Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana dalam mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi pada dirinya.
Media merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu
sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan ( Criticos, 1996 dalam
sntyasa, 2007 ). Jika proses pembelajaran diartikan sebagai proses komunikasi,
maka media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat merangsangf minat,
pikiran serta perasaan dan digunakan untuk menyalurkan pesan ( bahan
pembelajaran ) sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. ( Santyasa, 2007 )
Berdasarkan pendapat tersebut, penggunaan media sangat
penting. Untuk lebih menarik lagi, media tersebut akan disajikan dengan cara
yang berbeda yaitu dengan permainan tradisional. Permainan tradisional adalah
salah satu bentuk folklore yang berupa, yang beredar secara kolektif dikalangan
masyarakat tertentu, berbentuk tradisional dan diwarisi turun temurun, serta
banyak memilki vareasi.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
yang diuraikan di atas, maka penulis dapat menguraikan identifikasi masalah
sebagai berikut:
Media pembelajaran sebagai alat bantu yang disajikan
dalam bentuk berbeda seperti dalam permainan tradisional dapat mengefektifkan komunikasi
dan interaksi belajar mengajar di sekolah dan dapat menunjang proses belajar
lebih optimal. Dengan adanya proses belajar mengajar yang optimal dapat dicapai
suatu hasil serta tujuan belajar yang lebih baik, maka penggunaan media
pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa.
Dari
uraian diatas muncul suatu masalah pokok yang harus dikaji lebih lanjud yaitu
Adakah “PENGARUH MEDIA
PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL NILAI
PKN POKOK BAHASAN MENUNJUKKAN CONTOH-CONTOH PERILAKU DALAM MENJAGA KEUTUHAN
NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA SISWA SDN SEMEN KELAS V KEC. PAGU
KABUPATEN KEDIRI”.
C. Batasan Masalah
Agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam memberikan
penafsiran terhadap permasalahan, maka perlu adanya pembatasan masalah.
Mengingat media pembelajaran sama pentingnya dengan kegiatan pembelajaran, maka
media pembelajaran yang disajikan dalam bentuk yang berbeda dan lebih menarik
dapat membantu terwujudnya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Untuk itu
dalam pembahasan ini penulis membatasi pembahasannya yaitu, “ untuk mencari PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS
PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL NILAI PKN POKOK BAHASAN
MENUNJUKKAN CONTOH-CONTOH PERILAKU DALAM MENJAGA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN
REPUBLIK INDONESIA SISWA SDN SEMEN KELAS V KEC. PAGU KABUPATEN KEDIRI.”
D. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam pembahasan ini sangat penting karena
akan menentukan langkah-langkah selanjudnya. Bertitik tolak dari latar belakang
serta batasan masalah yang telah diuraikan, maka dalam pembahasan ini masalah
yang akan dirumuskan adalah sebagai berikut: “ Adakah PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL
NILAI PKN POKOK BAHASAN MENUNJUKKAN CONTOH-CONTOH PERILAKU DALAM MENJAGA
KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA SISWA SDN SEMEN KELAS V KEC.
PAGU KABUPATEN KEDIRI.”
E. Tujuan Penelitian
Didalam suatu penenlitian, maka seorang penelitian tidak
lepas dari tujuan, yaitu tujuan tentang apa yang harus diteliti. Berdasarkan
permasalahan tersebut tujuan penelitian ini yaitu: “ untuk mendapatkan
kejelasan dan pemahaman mengenai PENGARUH
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL
NILAI PKN POKOK BAHASAN MENUNJUKKAN CONTOH-CONTOH PERILAKU DALAM MENJAGA
KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA SISWA SDN SEMEN KELAS V KEC.
PAGU KABUPATEN KEDIRI.”
F. Kegunaan Penelitian
Dengan tersajinya karya ini yang berjudul PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN
TRADISIONAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL NILAI PKN POKOK BAHASAN MENUNJUKKAN
CONTOH-CONTOH PERILAKU DALAM MENJAGA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA
SISWA SDN SEMEN KELAS V KEC. PAGU KABUPATEN KEDIRI, maka penelitian ini
diharapkan manfaat baik secara umum dan khusus.
a.
Secara Umum
1.
Bagi pemerintah
Dapat memberikan wawasan mengenai arti penting media
pembelajaran berbasis permainan tradisional terhadap peningkatan hasil belajar
siswa sehingga menjadi sumber inspirasi didalam menggalakkan proses belajar
mengajar yang baik dalam lembaga pendidikan untuk menuju cita-cita bangsa.
2.
Bagi Sekolah
Dapat memberikan gambaran akan arti pentingnya sarana dan
prasarana pendidikan serta media pembelajaran sehingga dapat dikembangkan
situasi belajar yang lebih baik.
3.
Bagi Guru
Dapat menjadi masukan dan wawasan akan arti pentingnya
penggunaan media pembelajaran serta ketrampilan proses mengajar bagi guru
(pendidik) dalam mewudkan suatu komunikasi belajar mengajar yang baik dan
tercapainya hasil belajar yang diharapkan serta berkualitas.
b.
Secara Khusus
1.
Bagi Peneliti
Dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan media
pembelajaran berbasis permainan tradisional.
2.
Bagi Siswa
Dapat menimbulkan gairah atau semangat belajar, meningkatkan
interaksi secara langsung antara siswa dengan lingkungannya dan meningkatkan
prestasi belajarnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar