Jumat, 16 November 2012

rencana pelaksanaan pembelajaran ipa kelas 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


                                        Sekolah  Dasar   :  SDN Mojoroto II
                                        Kelas/Semester   :  III/1
                                        Mata Pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
                                        Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit (1 x pertemuan)

A. Standar   Kompetensi      :           3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan              kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi  Dasar           :           3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat bendaberdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
   a.  Kognitif: Produk
1.    Menyebutkan  sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda cair, padat dan gas dengan benar.
2.    Menyebutkan minimal dua perbedaan antara benda cair, padat dan gas.
3.    Menjelaskan ciri-ciri khas yang dimiliki oleh suatu benda dengan benar.
        Kognitif: Proses
1.      Mengamati sifat-sifat benda yang ada di lingkungan sekitar.
2.      Mengamati benda cair, padat dan gas.
3.      Menggolongkan benda sesuai dengan sifat-sifatnya dengan benar.
4.         Menyimpulkan perbedaan ciri-ciri benda  cair, padat dan gas dengan benar.
   b.  Afektif: Berkarakter
1.      Menunjukkan kemajuan dalam sikap dan perilaku berkarakter meliputi jujur, tanggung jawab, teliti, hati-hati, perilaku santun.
Afektif: Keterampilan Sosial
            1. Menunjukkan kemajuan dalam ketrampilan sosial meliputi keterampilan bertanya, menyumbangkan ide, menjadi pendengar yang baik, menanggapi pendapat orang lain, kerjasama dan perhatian.
   c.  Psikomotor
1. Menyelesaikan tugas individu dan tugas kelompok.
2. Menyimpulkan perbedaan ciri-ciri benda cair, padat dan gas.
3. Mengkomunikasikan hasil pengamatan secara tulis dan lisan.

D.   Tujuan Pembelajaran
a.   Kognitif: Produk
1.        Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu menyebutkan  sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda cair, padat, dan gas dengan benar.
2.      Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu menyebutkan  minimal dua perbedaan antara benda cair, padat dan gas.
3.      Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu menjelaskan ciri-ciri khas yang dimiliki oleh suatu bendadengan benar.



            Kognitif: Proses
1.      Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu mengamati sifat-sifat benda yang ada di lingkungan sekitar.
2.      Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu mengamati benda cair, padat dan gas.
3.      Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu menggolongkan benda sesuai dengan sifat-sifatnya dengan benar.
4.      Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu menyimpulkan perbedaan ciri-ciri benda cair, padat dan gas dengan benar.

      b.  Afektif: Berkarakter
1.    Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu menunjukkan kemajuan dalam sikap dan perilaku berkarakter meliputi jujur, tanggung jawab, teliti, hati-hati, perilaku santun.
   Afektif: Keterampilan Sosial
                                                                     1.  Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu menunjukkan kemajuan dalam ketrampilan sosial meliputi keterampilan bertanya, menyumbangkan ide, menjadi pendengar yang baik, menanggapi pendapat orang lain, kerjasama dan perhatian.

    c.   Psikomotor
1. Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu  menyelesaikan tugas individu dan tugas kelompok.
2. Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu menyimpulkan perbedaan ciri-ciri benda cair, padat dan gas.
3. Setelah pembelajaran siswa diharapkan mampu mengkomunikasikan hasil pengamatan secara tulis dan lisan.

E.  Materi Pembelajaran:

                Benda terdiri dari tiga wujud yaitu, benda cair, padat dan gas. Masing-masng wujud benda memiliki sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat tertentu tersebut dapat dilihat dari bentuk dan isinya. Sifat benda padat yaitu, bentuk dan besar benda padat selalu tetap. Sifat benda cair yaitu, bentuk selalu berunah menyesuaikan bentuk wadahnya, volumenya selalu tetap. Sifat benda gas yaitu, bentuk benda gas selalu berubah menyesuaikan dengan bentuk wadahnya, volume benda gas selalu berubah dan memenuhi ruangan yang ditempatinya.

F.  Model/Metode Pembelajaran
       Model           :  KOOPERATIF
 Pendekatan : STAD ( Student Team Dehievement Division )
 Metode         : 1. Ceramah
2.      Diskusi
3.      Ceramah                                    
  Sintaks        : 1. Guru menjelaskan tujuan mempelajari sifat-sifat benda berdasarkan   wujudnya, dan memotivasi siswa agar aktif dalam pembelajaran.
4.      Guru menyajikan materi ajar secukupnya.
5.      Guru membimbing siswa dalam membentuk kelompok.
6.      Guru membimbing setiap kelompok untuk belajar dan bekerja.

 
                                                              
G.  Kegiatan Pembelajaran

       Pertemuan :  1
Kegiatan Pembelajaran
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal

¥ Salam

¥ Mempersiapkan media

¥ Apersepsi


¥ Berdo’a


10 menit
Kegiatan Inti

¥ Guru menjelaskan tentang sifat-sifat benda meliputi benda cair, padat dan gas.

¥ Guru menunjukkan contoh-contoh benda cair, padat dan gas.

¥ Siswa mengamati contoh-contoh benda cair, padat dan gas yang ditunjukksn guru.

¥ Guru membagi siswa menjadi 5-6 kelompok.

¥ Siswa berdiskusi menggolongkan benda-benda yang termasuk benda cair, padat dan gas.

¥ Siswa menyimpulkan perbedaan benda cair, padat dan gas.

¥Guru memberi kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk menjelaskan hasil diskusinya.

¥ Guru membagikan teks soal kepada masing-masing kelompok.







50 menit
Kegiatan Penutup
¥Guru mengevaluasi hasil belajar dan kerja masing-masing kelompok dengan memberi penguatan materi.
¥ Guru memberikan penghargaan pada setiap siswa baik individu maupun kelompok atas usaha dan hasil yang dicapai.






10 menit

H.  Sumber Pembelajaran
Media :
1.      Alat peraga
2.      Gambar

      Buku sumber :
1.      Mulyani Arifin, Mimin Nur jhani K dan Muslim. 2008. IPA dan Lingkungan untuk kelas  III SD atau MI. Jakarta: Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional.
      2.  Priyono dan Titik Sayekti. Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas III SD dan MI. Jakarta: Pusat Pembukuan. Departemen Pendidikan Nasional.

I.  Penilaian Hasil Belajar                         
1. Prosedur                  :  Pretest
                                                     Post test
2. Jenis                         : pilihan ganda
                                         Uraian
                                        
3. Bentuk Instrumen : ada rubrik penskoran                                                                                           
                                                                                                                                   Kediri  ………………………
Mengetahui                                                                      Guru Bidang Studi,
Pembimbing ………                                           


      Dra. Dwi ari Budiretnani, M. Pd                                    Mariatul Ulfa, S. Pd. SD


ANALISIS KORELASI TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN PENDIDIKAN IPS


ANALISIS KORELASI TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN PENDIDIKAN IPS

A.    Pengertian pendidikan
a.       Pendidikan:
Tuntunan, pimpinan, bimbingan yang dilakukan secara sadar (sengaja) oleh seseorang atau sekelompok orang kepada seseorang atau sekelompok orang.
b.      Pendidikan menurut UU RI No. 20 Tahun 2003:
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
c.       Pendidikan menurut TAP MPR NO.V/MPR/1973:
Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan didalam dan diluar sekolah dan berlangsung seumur hidup.

B.     Pengertian pendidikan IPS
a.       JAMES A BANKS (1990:3):
Bagian dari kurikulum sekolah dasar dan menengah yang mempunyai tanggung jawab pokok membantu para siswa untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai yang diperlukan dalam hidup bernegara dilingkungan bermasyarakatnya.
b.      COMMITE ON SOCIAL STUDIES 1913:
Bidang khusus dalam pemanfaatan data ilmu sosial sebagai tenaga dalam memperbaiki kesejahteraan umatmanusia.
c.       Pengertian IPS:
·         Mata pelajaran yang mempelajari kehidupan social yang didasarkan pada bahan kajian geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, tata Negara dan sejarah, yang disajikan sistematis dan psikologis.
·         Perpaduan antara konsep-konsep ilmu social dengan konsep-konsep pendidikan yang dikaji secara sistematis, psikologis dan fungsional sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik.
C.     Korelasi tujuan ilmu IPS dengan pendidikan nasional
Ilmu yang disajikan dalam pendidikan IPS merupakan perpaduan antara ilmu-ilmu sosial dengan ilmu pendidikan. Ilmu yang dikembangkan dalam pendidikan IPS merupakan hasil seleksi, adaptasi dan modifikasi dari hubungan interdisipliner antara disiplin ilmu pendidikan dan disiplin ilmu-ilmu social yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan. Oleh karena itu pendidikan IPS harus mengacu pada tujuan pendidikan nasional. Dengan demikian tujuan pendidikan IPS adalah mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menguasai disiplin ilmu-ilmu sosial, psikologis, ideologis Negara dan agam yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan.